Senin, 13 Agustus 2012

[VIVA.co.id] New Viva, Kesederhanaan Bernilai Estetika

3 comments


Prolog
Bulan juli mungkin menjadi tonggak sejarah baru bagi group VIVA, terutama di dunia online. Pada bulan itu VIVA menampilkan tampilan baru yang lebih fresh dan ceria tanpa kehilangan nilai estetika. Tapi yang paling penting dan memiliki nilai utama dari sebuah website adalah kecepatan akses, inilah hal yang membuat saya mengacungkan dua jempol untuk tampilan baru VIVA. Sejak pertama kali mendengar gosip akan terjadinya perpindahan rumah vivanews.com ke sebuah portal besar VIVA, hal yang saya takutkan sebagai user (sekaligus vlogger) adalah mendi lambatnya akses ke VIVA. Maklum saja membangun sebuah portal besar tanpa persiapan dan sumberdaya yang cukup bisa menjadi bumerang yang justru membunuh sebuah website itu sendiri.

Namun ternyata kekhawatiran saya tidak terbukti. Melihat jalan panjang menjadikan VIVA sebuah portal terliaht dari tidak buru-burunya melakukan perubahan secara radikal. Sejak tahun lalu saya sudah mendengarnya ketika kunjungan ke lantai 31 gedung standar charted, saat itu gosip menjadikan VIVA sebagi sebuah gedung besar yang menaungi rumah-rumah dibawahnya sudah mulai saya dengar. Hingga di bulan mei 2012 tampilan beta dari VIVA sudah mulai bisa dinikmati sebagai ajang ujicoba para user. Hasilnya cukup baik walau saat itu masih ada beberapa bug dimana beberapa tampilan belum berfungsi secara maksimal. Namun, kini penantian panjang menjadikan menjadikan VIVA sebuah portal di domain VIVA.co.id mulai bisa dinikmati secara penuh sejak juli 2012. dan hingga kini saya belum mengalami masalah saat menikmati layanan utama maupun yang terintegrasi dengan viva.co.id.

Secara tampilan, Homepage viva.co.id berbeda dengan tampilan awal vivanews.com. ini bisa dilihat dari halaman awal vivanews yang biasanya hanya berisi news saya kini berisi beberapa sub divisi walaupun masih menjadikan news sebagai default . tapi menariknya sistem  default di tampilan utama viva.co.id bisa dirubah sendiri, ini seperti menggantikan ke-kangen-an user terhadap menu drop-down yang menjadi spesialisai vivanews sebelumnya.

Sebenarnya sejak kemunculannya di tahun 2008, viva (dalam hal ini vivanews) sudah beberapa kali melakukan perubahan tampilan. Namun perubahan itu saya golongkan pada 3 kategori utama dimana saya simpulkan sebagai perubahan yang benar-benar radikal sebanyak 2 kali. Pertama adalah tampilan awal alias pertama kali vivanews.com hadir, kedua saat vivanews yang menghadirkan vlog, dan forum, serta ketiga adalah portal viva.co.id. perjalanan ambisius untuk terus bersolek menjadi lebih baik. Cherrs...

Untuk menilai dan me-review tampilan terbaru viva.co.id maka hal yang harus dilakukan adalah menjejak sejarah, dan meilhat sebuah perjalanan awal sebagai sebuah perbandingan.  Jadi sebelum melakukan review terhadap tampilan baru viva.co.id saya ingin mengajak terlebih dahulu nostalgia dengan tampilan –tampilan terdahulu saat masih vivanews.com. karena ini hanya nostalgia sebagai perbandingan, jadi cukup review ringan sekedar melepas kerinduan.

Tampilan paling awal vivanews.com masih sangat sederhana. Dengan dominasi warna merah dan garis-garis dasar putih. Namun, yang paling menarik dari tampilan awal itu adalah teknologi Ajax dihalaman depannya, ini adalah terobosan besar untuk sebuah portal berita saat itu. Selain itu  viewer dapat juga memilih kolom-kolom yang diinginkan dengan membuka dan menutup section berita. Dan ini merupakan tonggak sejarah awal hadirnya viva di dunia media online indonesia. Yang kedua, adalah tampilan vivanews.com yang beberapa bulan terakhir ini kita nikmati. Tampilannya lebih cerah dan eksotis. Desain ini lebih catchy dibanding tampilan awal yang masih agak kaku. Wajahnya mulai terintegrasi dengan medai lain seperti tvone dan antv untuk streaming, dan mulai menampilkan video dihalaman depannya. Saat tampilan ini pulalah forum dan vlog mulai terintegrasi dan bisa dinikmati user. Dan disini juga viva melakukan terobosan baru dalam dunia pemberitaan online secara tampilan yang tidak dimiliki pesaing sejenis, yaitu menu drop-down yang membuat pengunjung bisa melakukan pemindahan sub-menu sesukanya.

New Viva
Finaly, inilah mega portal terbaru dari viva, yang sekarang beralamatkan di domain viva.co.id. diwajah baru ini, viva mengembangkan forum sekaligus vlog yang merupakan kanal blog, selain itu juga viva juga menghadirkan kanal bola, bahakn sekaligus socio yang merupakan kanal jejaring sosial sekaligus bisa dijadikan e-commerce. Jadi kini sebagai sebuah portal besar VIVA membawahi beberapa sub-domain divisi, seperti news, forum, bola, socio, life, dan vlog yang akan semakin memanjakan para viewer sekaligus user (vlog, socio, forum).

Persaksikanlah wajah transformasi viva.co.id yang bisa dinikmati sekarang.  Tampilan yang mengalami perubahan sangat radikal dari tampilan-tampilan viva(news) yang selama ini kita kenal. Side, footer, banner, header,  yang biasanya didominasi ketebalan-ketebalan berwarna merah mendakan hilang. Walaupun tidak sepenuhnya menghilang. Bar-bar yang biasanya menonjol tergantikan garis-garis tipis tanpa menghilangkan esensi trademark warna merah yang sudah sangat akrab dengan viva selama ini yang juga terlihat dari warna huruf untuk kategori.

Menariknya di halaman awal viva.co.id pihak viva menghadirkan “tombol” “set default”  tombol kecil yang jarang terekspose. Fungsinya untuk mengganti tampilan utama headline, yang oleh sistem sebenarnya menjadikan kanal “news” sebagai tampilan utama. Tombol “set-default” berfungsi untuk menampilkan kanal lain seperti “bola” , “life”, serta “vlog” untuk hadir sebagai headline utama sesuai keinginan pengunjung.  Sistem ini kembali merupakan trobosan, setelah sistem ajax di versi orde lama, menu drop-down di versi orde baru, dan di versi orde paling baru ini viva melakukan hal yang lain dari yang lain. Kesan lebih luas, lebih bersih juga terasa dengan hilangnya garis-garis batas. Ini seperti menjadikan tulisan dan gambar bersatu diatas lembaran kertas tanpa sekat yang membatasi.  Namun hal ini juga tanpa masalah karena viva.co.id adalah sebuah kanal berita (baca: media) ada satu hal dalam dunia media yang sebenarnya kadang tidak pernah diperhatiakn oleh pemilik media, dialah firewall  atau pagar api, yaitu sebuah garis batas antara iklan dan tulisan (baca: berita). Namun untuk hal ini saya kembalikan lagi terhadap kebijakan media tersebut.

Dari tampilan menu utama, mari kita beralih ke kanal “news” . kanal ini seperti diungkapan di awal, tetap di dominasi warna merah, walau sebatas header dan huruf untuk kategori. Sepertinya di kanal berita pihak viva tidak terlalu bermain warna, hanya ada 3 warna yang digunakan.  Merah, hitam, dan tentu saja warna dasar putih. Tampilan dengan slider yang cukup besar cukup untuk memberi kesan lebar dan megah.  Sayangnya masih ada satu hal yang cukup mengganjal, yaitu tampilan sidebar sebelah kanan bawah yang cukup terlihat kosong. Halaman kosong dalam sebuah hompage bisa disebut mubazir, dan ada kesan yang kurang. Mungkin ini masih di proyeksikan untuk advertise,  tapi menurut saya kolom kosong tersebut masih bisa diisi –untuk sementara- dengan polling atau sejenisnya, supara sidebar  sebelah kanan bawah tidak terlihat kosong.

Berikutnya adalah kanal “bola”, aroma rumput di kanal ini sangat terasa dengan warna hijau muda yang nyaman dimata.  Berbeda dengan slider di kanal “news” yang menyamping dengan 9 pilihan, kanal “bola” menjadikan slider naik-turun dengan 4 pilihan judul. Lebih ringkas apalagi tambhan video yang lebar di tengah halaman. Ini seperti ide menarik yang menandakan, bola sebagai sebuah tontonan dan “layar lebar” yang dihadirkan memberi kesan itu. Berikutnya yang menarik dari tampilan ini adalah kategori yang dihadirkan. Pihak viva seperti mencoba mendekatkan pembaca dengan “klub”. Berbeda dengan medai olahraga online yang lain yang lebih mengedepankan kategori, kanal bola di viva justru mengedepankan klub. Ini cukup dimengerti karena sebenarnya pembaca berita bola lebih tertarik dengan berita tentang klub-nya bukan tentang kategori berita. Ide menarik dan cerdas dengan menonjolkan klub sebagai “jualan” utama.

Kanal selanjutnya adalah kanal “life”, kanal yang berisi seputar dunia hiburan dan gaya wanita ini di dominasi warna pink, warna yang sudah sama-sama kita kenal sebagai warna feminim. Wajah “life” jauh berbeda dengan saudara-saudarnya yang lain seperti news ataupun bola, walaupun sesama berisi artikel berupa berita, “life” hadir lebih ceria dengan permainan warna dan tampilan. Disini kolom headline yang biasanya berupa slider terlihat lebih kecil namun tidak kehilangan nilai estetis. Dan yang lebih berbeda adalah kolom kategori yang bisanya hanya berupa kata-kata yang terpampang di navigasi header berubah menjadi dot-dot ploting di tengah halaman. Ini kembali sebuah trobosan yang tak dimiliki media lifestyle lain di indonesia. Dan yang menarik lagi, secara berkala “life” menghadirkan liputan khusus dengan tampilan besar dihalaman depan. Jujur saya katakan tampilan di kanal ini membuat saya tercengang. Good job guys.... eh girls...

in crowd we trust itulah tagline yang digunakan kanal socio yang diproyeksikan sebagai jejaring sosial e-commerce. Satu-satunya kanal yang memiliki “kata-kata motivasi” di mega portal viva.co.id. buat saya ini unik walaupun kata-kata yang digunakan aneh. Jujur harus saya katakan, kanal socio buat saya agak terlalu dipaksakan hadir, tapi di sisi lain bukankah viva suka sekali melakukan terobosan yang berbeda? Berhasil atau tidak waktu yang akan menjawab. Di dominasi warna orange yang cukup bersahabat dimata, saya kira socio selanjutnya akan lebih baik diproyeksikan menjadi toko online saja secara murni.

Vlog yang di masa lampu “hanya” halaman bagian dari ureport sekarang sudah dikanalisasi. Menjadi bagian tersendiri yang diakui oleh viva sebagai bagian yang –mungkin dianggap cukup berkontribusi dalam pentrasi pengunjung vivanews.  Tampilan vlog bisa dianggap lebih sederhana dibanding kanal-kanal yang lain, ini bisa dimengerti karena fungsi Vlog adalah jembatan antara blogger dengan pengunjung. Vlog dalam hal ini Viva, tidak membuat kanal blog tersendiri tapi justru memfaslitasi para blogger mempromosikan blognya masing-masing. Dominasi warna ungu yang gelap dan kategori yang besar dengan slider cukup memberi angin segar untuk blogger bahwa kami diayomi sebagi sebuah hubungan simbiosis mutualisme. Happy bloging

Buat para agan dan aganwati, forum viva hadir dengan tampilan lebih eksklusif namun bersahabat. Lebih cerah dengan warna biru muda, mirip warna pada microsoft word yang sudah sangat familiar. Muncul dengan wajah lebih rapih dan tatak letak yang tersetruktur, kanal forum di viva memberi kesan lain dalam penempatan kategori dan sub kategori. Hadir dibawah dengan tampilan portairt dan tulisan terbaca vertikal, memberi kesan unik dengan tetap estetik.

Syahdan
Secara umum, viva.co.id sebagai mega portal memberi desain sederhana namun tetap eksklusif tanpa meninggalkan nilai estetis. Terobosan terus dilakukan dalam penerapan teknologi seperti penggunaan ajax yang saat itu sebagai pelopor, lalu menu drop-down sehingga user bisa memindahkan subkategori, dan di tampilan baru ini “tombol” “set default” kembali memberi terobosan baru untuk memanjakan pengunjung untuk menikmati tampilan viva.co.id yang lebih bersahabat.  Dan yang paling penting dari itu  semua kerjasama divisi desain dan programmer berhasil membuat viva.co.id mudah dan cepat di akses di tengah kondisi bandwith yang mengkhawatirkan. Kini jurnalis viva dituntut menghadirkan konten-konten serta berita terbaik demi memanjakan pengunjung viva.co.id.

Hadir dengan tampilan baru yang lebih bersahabat bagi para pengunjung  serta pengguna (socio, vlog dan forum) disertai juga dengan semangat baru menyambut momentum ulang tahun 70 tahun grup besar sebagai “orang tua” yang melahirkan dan menaungi viva.co.id,  ini semakin mengukuhkan keseriusan viva di industri media online indonesia untuk menjadi yang terbaik. Good luck....

udh dr doloe follow, pake yg dulu aja ya om :D


3 komentar:

  1. viva ini bnyak yang baca via fb ya :D

    BalasHapus
  2. Thank you for the information, articles you nice and really helped me...!!!

    BalasHapus

bagi komentar, saran dan kritiknya kawan.... (no spam)