Kamis, 13 November 2008

Hukum Termodinamika, Perpetual motion, dan Entropi

1 comment
Termodinamika (bahasa Yunani: thermos = 'panas' and dynamic = 'perubahan') adalah fisika energi , panas, kerja, entropi dan kespontanan proses. Termodinamika berhubungan dekat dengan mekanika statistik di mana banyak hubungan termodinamika berasal.

* Hukum Awal (Zeroth Law) Termodinamika

Hukum ini menyatakan bahwa dua sistem dalam keadaan setimbang dengan sistem ketiga, maka ketiganya dalam saling setimbang satu dengan lainnya.

* Hukum Pertama Termodinamika

Hukum ini terkait dengan kekekalan energi. Hukum ini menyatakan perubahan energi dalam dari suatu sistem termodinamika tertutup sama dengan total dari jumlah energi kalor yang disuplai ke dalam sistem dan kerja yang dilakukan terhadap sistem.

* Hukum kedua Termodinamika

Hukum kedua termodinamika terkait dengan entropi. Hukum ini menyatakan bahwa total entropi dari suatu sistem termodinamika terisolasi cenderung untuk meningkat seiring dengan meningkatnya waktu, mendekati nilai maksimumnya.

* Hukum ketiga Termodinamika

Hukum ketiga termodinamika terkait dengan temperatur nol absolut. Hukum ini menyatakan bahwa pada saat suatu sistem mencapai temperatur nol absolut, semua proses akan berhenti dan entropi sistem akan mendekati nilai minimum. Hukum ini juga menyatakan bahwa entropi benda berstruktur kristal sempurna pada temperatur nol absolut bernilai nol.

katanya perepetual montin bertantangan dengan hukum termodinamika, ya...???

sepertinya prepetual montion ga bisa dijelaskan coz itu karena ditolak oleh hukum termodinamika 1 & 2,,,
prinsip dasar perpetual motion adalah menciptakan kembali energi dengan memanfaatkan energi yang telah terpakai...
sampai situ aja udah dipatahkan oleh hukum ini :
Kutip dari:
the law of conservation of energy states that energy can not be created or destroyed, it can only be changed from one form to another.

saya hanya membayangkan seandainya hal itu memungkin kan.. harga BBM ga sampe melangit seperti sekarang kali yah

Perpetual motion ini maksudnya mesinnya ya? Jadi mungkin ga ada mesin yang bisa bekerja terus menerus, mesin yang menghasilkan energi tanpa menghabiskan energi? Keren ya kalo ada

Kalo dari termodinamika, jelas perpetual motion ini ga mungkin :

1. Hukum I Termodinamika : hukum kekekalan energi. Total energi dalam suatu sistem adalah konstan.
2. Hukum II Termodinamika : \Delta S \geq 0
Entropi cenderung positif. Salah satu konsekuensinya kita tau bahwa tidak ada mesin yang dapat bekerja dengan efisiensi absolut atau bekerja dengan efisiensi lebih dari mesin Carnot.


Hukum I Newton mengatakan benda akan tetap diam atau bergerak dengan kecepatan konstan. kecuali ada gaya luar.
Perpetual motion ini bisa dipandang sebagai salah satu keadaan di atas (benda bergerak dengan kecepatan konstan). Dari sudut pandang Termodinamika, Perpetual motion juga bisa dipandang sebagai : total energi dalam suatu sistem adalah konstan, kecuali ada energi/kerja luar.

Sayangnya, di alam semesta ini tidak mungkin tidak ada gangguan dari luar, ga mungkin suatu benda bisa bergerak tanpa mengalami gesekan, tanpa menghasilkan panas. Karena itu, menurut Hukum I Newton perpetual motion (baik keadaan maupun mesin) adalah juga tidak mungkin.


o,iya,,,
entropinya ketinggalan...
entropi itu yang tadi ad a di hukum termodinamika merupakan tingkat kekacauan sebuah sistem
kl blm ngerti jg, ada contoh nih di bawah,
Pengalaman sehari-hari menunjukkan bahwa sebuah kolam tidak membeku di musim panas. Jika sebuah benda panas berinteraksi dengan benda dingin, maka tak terjadi bahwa benda panas tersebut semakin panas dan benda dingin semakin dingin, meskipun proses-proses tersebut tidaklah melanggar hukum kekekalan energi yang dinyatakan sebagai hukum pertama termodinamika

Definisi statistik mengenai entropi, yakni persamaan (1), menghubungkan gambaran termodinamika dan gambaran mekanika statistik yang memungkinkan untuk meletakkan hukum kedua termodinamika pada landasan statistik. Arah dimana proses alami akan terjadi menuju entropi yang lebih tinggi ditentukan oleh hukum kemungkinan, yakni menuju sebuah keadaan yang lebih mungkin. Dalam hal ini, keadaan kesetimbangan adalah keadaan dimana entropi maksimum secara termodinamika dan keadaan yang paling mungkin secara statistik. Akan tetapi fluktuasi, misal gerak Brown, dapat terjadi di sekitar distribusi kesetimbangan. Dari sudut pandang ini, tidaklah mutlak bahwa entropi akan semakin besar di dalam tiap-tiap proses spontan. Entropi kadang-kadang dapat berkurang. Jika cukup lama ditunggu, keadaan yang paling tidak mungkin sekali pun dapat terjadi: air di dalam kolam tiba-tiba membeku pada suatu hari musim panas yang panas atau suatu vakum setempat terjadi secara tiba-tiba dalam suatu ruangan. Hukum kedua termodinamika memperlihatkan arah peristiwa-peristiwa yang paling mungkin, bukan hanya peristiwa-peristiwa yang mungkin.


pusing ya,,,
saya juga pusing.....

oke deh pembahasan ini kita lanjutin lain waktu...
saya mau kuliah dulu.....

1 komentar:

  1. Tapi sebenarnya kita gk bisa menghitung enrgi yang ada di dunia kan. jadi klo dipikir pikir perpetual motion itu memungkinkan, tapi kita aja belum menemukan alatnya, jadi contohnya alatnya make tenaga magnet yang mendorong sesuatu, habis itu make apalah soalnya energi didunia itu kita gk tau ada berapa bisa aja takterhingga (sangking banyaknya) jadi klo dipikir perpetual motion itu ngak bertentangan dgn hukum kekekalan energi.

    BalasHapus

bagi komentar, saran dan kritiknya kawan.... (no spam)