Jumat, 09 Januari 2009

Apakah Tahun Cahaya Itu...?????

40 comments
Tahun cahaya adalah cara mengukur jarak. Sebenarnya devinisi ini aneh karena tahun cahaya memuat kata tahun yang biasanya digunakan untuk sataun waktu. Walaupun begitu, tahun cahaya digunakan untuk mengukur jarak.

Kita biasanya menggunakan ukuran inchi/kaki/mil/atau centimeter/meter/kilometer untuk mengukur jarak. Hali itu tergantung dimanakita bertempat tinggal. Kita tahu panjang satu meter, satu kilometer, satu mil, atau satu inchi, karena kita sudah terbiasa dan sering menggunakannya. Hal ini menarik karena menambah pengetahuan manusia tentang jarak.



Karena para astronom menggunakan teleskop untuk melihat bintang-bintang, persoalan menjadi lain karena jaraknya sangat jauh. Sebagai contoh bintang trdekat dari bumi (selain matahari kita) kira-kira 24.000.000.000.000mil atau 39.000.000.000.000 km. Bintang ini adalah bintang yang terdekat. Bebearpa bintang yanglain bermiliyar-miliyar kali lebih jauh. Ketika kita mulai berbicara tentang jarak yang jauh,mil atau kilometer bukanmerupakan satuan jarak yang praktis untuk digunakan karena angka-angkanya sangat besar. Tidak seorangpun ingin menulis atu berbicara tentang angka-angka yang terdiri atas 20 angka.

Jadi, untuk mengukur jarak yang sangat jauh, orang menggunakan kesatuan yang disebut tahun cahaya. Cahaya melaju pada kecepatan 186.000 mil per detik atau 300.000 km per detik. Untuk itu satu detik cahaya sama dengan 186.000 mil atau 300.000 km. Tahun cahaya adalah jarak yang di tempuh cahaya dalam satu tahun atau :

300.000 km/deik X 60 detik/menit X 60menit/jam X 24 jam/hari X 365 hari/tahun = 9.460.800.000.000 km/tahun.

Satu tahun cahay sama dengan 9.460.800.000.000 km atau 5.865.696.000.000. Jarak yang sangat jauh ! Menggunakan satu tahun cahaya sebagai pengukur jarak memiliki keuntungan yang lain, yaitu membantu menentukanusia. Misalnya, satu bintang jaraknya 1 juta tahun cahaya, berarti cahaya dari bintang telah berjalan dengan kecepatan cahaya untuk mencapai kita. Untuk itu, cahaya bintang membutuhkan satu juta tahun untuk sampai ke sini, dan cahaya yang kita lihat adalah cahaya yang diciptakan bintang satu juta tahun yang lalu. Jadi, bintang yang kita lihat pada saat ini adalah bentuk bintang 1 juta tahun yang lalu, bukan bentuk bintang pada saat ini. Denag cara yang sama,kira-kira matahari 8 menit cahaya jauhnya. Jika matahari tiba-tiba meledak pada saat ini, kita tidak akan mengetahuinya selama 8 menit karena itu adalah waktu yang diperlukan sinar ledakan untik sampai di sini.

Nanodetik cahay adalah jarak yang ditempuh cahaya selama sepermiliyar detik, yaitu kira-kira 30 centimeter. Radar menggunakan cara ini untukmengukur seberapa jauh suatu benda seperti pesawat. Antene radar mengirimkan getaran radio pendek, kemudian menmunggu gema pesawat tersebut atau objek yang lain. Sementara menunggu, radar menghitung jumlah nanodetik yang lewat. Gelombang radio berjalan pada kecepatan cahaya. Jadi, jumlah nanodetik yang di bagi 2 memberitahukan unit radar seberapa jauh jarak suatu objek.

40 komentar:

  1. benar2 nambah pengetahuanku nih.sip

    BalasHapus
  2. @kristinadiansafitri
    alhamdulillah kalo bermanfaat

    @annosmile
    yupz

    @fatamorgana
    yupz,
    makasih bgt kl mo ikut gabung

    @rina
    ada tulisannya juga, kan...

    BalasHapus
  3. Hi friend... nice blog... I have added you to my blog roll.. Hope you too will add me... Visit my blog and post your comments....

    BalasHapus
  4. walah aku kirain tahun cahaya itu tahun yang memiliki siang hari lebih panjang :D

    BalasHapus
  5. itu ilmu apa iahh ?
    cahaya dalam artian apa ?
    ilmu alam ato ato apa ?

    lam kenal jj .

    phianimud.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Devinisi apa definisi ? :D

    Salam kenal bos.. Mau cari duit di internet? wah banyak caranya bos, coba aja baca2 dan cari2 infonya... :)

    BalasHapus
  7. ok salam kenal juga....
    ^^

    BalasHapus
  8. Aziz wrote:
    "Jika matahari tiba-tiba meledak pada saat ini, kita tidak akan mengetahuinya selama 8 menit karena itu adalah waktu yang diperlukan sinar ledakan untik sampai di sini"

    hmm,, klo ditelaah bener2, secara scientific itu gak akan terjadi karena kita GA MUNGKIN melihatnya.

    jd menurut teori Mbak Geno, sebelum matahari meledak, bumi udah ancur duluan soalnya menjelang meledak, massa matahari dan energi gravitasinya gedhe banget sampai2 menarik semua yg ada di dekatnya termasuk bumi.

    wkwkwkwkwkwk.. becanda...
    Peace bro... :D

    BalasHapus
  9. kirain tahun cahaya tuh tahun yg akan bercahaya a.k.a krisis ekonomi berlalu hehehe

    BalasHapus
  10. ya begitulah jagad raya ini sungguh luas tak terkira tak tergapai bats tepinya meski di kahir zaman sekalipun.

    BalasHapus
  11. Kunjungan balasan nih, blog yang penuh manfaat..Keep blogging and sharing yaah
    Salam ^^v

    BalasHapus
  12. wa..kalo sudah bisa menembus kecepatan cahaya..bisa masuk dimensi waktu...Kecepatan suara ja...lom ada kendaraan yang bisa menyamainya

    BalasHapus
  13. wa, banyak yg kaget ya pas baca ini
    herannya dulu aku cerita kayak gini kawan2ku nanggapin biasa aja
    apa salah cara cerita ya

    BalasHapus
  14. wah jadi inget pelajaran fisika..:D
    lam kenal...:-)

    BalasHapus
  15. Satu giga tahun, ya?
    Salam kenal..!

    BalasHapus
  16. salam kenal dari saya mas....

    BalasHapus
  17. @siram
    oceh,,
    @tony
    bukan om, itu satuan jarak
    @aichan
    fisika boz
    @slinkers
    baca apa..???
    @qeen
    salam kenal balik
    @geno
    masuk akal juga tuh,,
    @mercuryfaling
    saya harap juga begitu
    @nirman
    betul sekali
    @sachzkie
    thx, yaw
    @thevemo
    betoel,,,om..
    @cengkunek
    kl itu saya ga tahu,,,
    @livia
    bagus donz, jadi inget muda lagi
    @blog cantik
    salam kenal balik
    @hamka
    salam kenal juga,

    BalasHapus
  18. waduh.. makasih udah berkunjung ke web saya ... hehehe

    BalasHapus
  19. Dalam waktu yang sama yang diperlukan cahaya matahari sampai ke bumi, saya mungkin hanya dapat berlari sejauh 2-3 KM.

    Terima kasih untuk membangkitkan ingatan yg pernah mengendap beberapa belas tahun kebelakang.

    BalasHapus
  20. Oh gitu to...jadi rada mudeng dikit...suwun yo!

    BalasHapus
  21. huh... artikel ini baik ya!!!

    BalasHapus
  22. gial-gila... anak muda Indoneisa memang kreatif dan inovatif. masih ada ya yang peduli sama ilmu pengetahuan, padahal hari gini orang maunya yang ril-ril wae... keren!!! boz, taw gak kalo satu tahun kecepatan cahaya berapa knot? cahaya ma angin paling kenceng cepetan yang mana? misal tornado gitu? hehe

    BalasHapus
  23. makasih utk infonya mas aziz..
    krn jaraknya tlalu jauh, makanya dipake skala ukur "tahun cahaya" ya

    BalasHapus
  24. Ja ampjun. . . . . .gw punya tmen nama ny aziz jga. . .dia nak osn biology. . . . .
    Nah ini ada lg,tp fisika. . .
    Puyeng ah. .

    BalasHapus
  25. wah... berkutat ma ginian udah berapa taon yg lalu ya... :D

    BalasHapus
  26. wahh..
    gw suka nih yg astronomi beginian..

    BalasHapus
  27. Banyak banget ya istilah tahun ada masehi , hijrah, tahun cahaya

    jadi ngerti sekarang

    BalasHapus
  28. jadi inget palajaran fisika yg entah sudah berapa tahun aku tdk melihatnya

    BalasHapus
  29. pusiiing...
    maklum..fisika kan ilmu turunan,,jadi butuh tutor buat ngerti..hehe

    BalasHapus
  30. Nice post ! Serasa sekolah lagi nih ...

    BalasHapus
  31. wah, jadi berasa ada temen!

    salam kenal aku nafis
    kujnungi blog aku ya:
    http://nafisblog.wordpress.com

    BalasHapus
  32. nah loh yg di postingan paling baru koq gak bisa komeng tp di postingan yg ini bisa (thinking)anehhhh

    BalasHapus
  33. yah.. seru, makasih ilmunya :D
    gara2 IT lupa ilmu fisika :D makasih mas...
    barteran link yah :D

    BalasHapus

bagi komentar, saran dan kritiknya kawan.... (no spam)