Prolog
Bulan juli mungkin menjadi tonggak sejarah baru bagi group
VIVA, terutama di dunia online. Pada bulan itu VIVA menampilkan tampilan baru
yang lebih fresh dan ceria tanpa kehilangan nilai estetika. Tapi yang paling
penting dan memiliki nilai utama dari sebuah website adalah kecepatan akses,
inilah hal yang membuat saya mengacungkan dua jempol untuk tampilan baru VIVA. Sejak
pertama kali mendengar gosip akan terjadinya perpindahan rumah vivanews.com ke
sebuah portal besar VIVA, hal yang saya takutkan sebagai user (sekaligus
vlogger) adalah mendi lambatnya akses ke VIVA. Maklum saja membangun sebuah
portal besar tanpa persiapan dan sumberdaya yang cukup bisa menjadi bumerang
yang justru membunuh sebuah website itu sendiri.
Namun ternyata kekhawatiran saya tidak terbukti. Melihat jalan
panjang menjadikan VIVA sebuah portal terliaht dari tidak buru-burunya
melakukan perubahan secara radikal. Sejak tahun lalu saya sudah mendengarnya
ketika kunjungan ke lantai 31 gedung standar charted, saat itu gosip menjadikan
VIVA sebagi sebuah gedung besar yang menaungi rumah-rumah dibawahnya sudah
mulai saya dengar. Hingga di bulan mei 2012 tampilan beta dari VIVA sudah mulai
bisa dinikmati sebagai ajang ujicoba para user. Hasilnya cukup baik walau saat
itu masih ada beberapa bug dimana beberapa
tampilan belum berfungsi secara maksimal. Namun, kini penantian panjang
menjadikan menjadikan VIVA sebuah portal di domain VIVA.co.id mulai bisa
dinikmati secara penuh sejak juli 2012. dan hingga kini saya belum mengalami masalah saat menikmati layanan utama maupun yang terintegrasi dengan viva.co.id.
Secara tampilan, Homepage
viva.co.id berbeda dengan tampilan awal vivanews.com. ini bisa dilihat dari
halaman awal vivanews yang biasanya hanya berisi news saya kini berisi beberapa
sub divisi walaupun masih menjadikan news sebagai default . tapi menariknya
sistem default di tampilan utama viva.co.id bisa
dirubah sendiri, ini seperti menggantikan ke-kangen-an user terhadap menu drop-down yang menjadi spesialisai
vivanews sebelumnya.
Sebenarnya sejak kemunculannya di tahun 2008, viva (dalam
hal ini vivanews) sudah beberapa kali melakukan perubahan tampilan. Namun perubahan
itu saya golongkan pada 3 kategori utama dimana saya simpulkan sebagai
perubahan yang benar-benar radikal sebanyak 2 kali. Pertama adalah tampilan
awal alias pertama kali vivanews.com hadir, kedua saat vivanews yang
menghadirkan vlog, dan forum, serta ketiga adalah portal viva.co.id. perjalanan
ambisius untuk terus bersolek menjadi lebih baik. Cherrs...
Untuk menilai dan me-review
tampilan terbaru viva.co.id maka hal yang harus dilakukan adalah menjejak
sejarah, dan meilhat sebuah perjalanan awal sebagai sebuah perbandingan. Jadi sebelum melakukan review terhadap tampilan baru viva.co.id saya ingin mengajak
terlebih dahulu nostalgia dengan tampilan –tampilan terdahulu saat masih
vivanews.com. karena ini hanya nostalgia sebagai perbandingan, jadi cukup
review ringan sekedar melepas kerinduan.
Tampilan paling awal vivanews.com masih sangat
sederhana. Dengan dominasi warna merah dan garis-garis dasar putih. Namun, yang
paling menarik dari tampilan awal itu adalah teknologi Ajax dihalaman depannya,
ini adalah terobosan besar untuk sebuah portal berita saat itu. Selain itu viewer
dapat juga memilih kolom-kolom yang diinginkan dengan membuka dan menutup
section berita. Dan ini merupakan tonggak sejarah awal hadirnya viva di dunia
media online indonesia. Yang kedua, adalah tampilan vivanews.com yang beberapa bulan
terakhir ini kita nikmati. Tampilannya lebih cerah dan eksotis. Desain ini
lebih catchy dibanding tampilan awal
yang masih agak kaku. Wajahnya mulai terintegrasi dengan medai lain seperti
tvone dan antv untuk streaming, dan mulai menampilkan video dihalaman depannya.
Saat tampilan ini pulalah forum dan vlog mulai terintegrasi dan bisa dinikmati
user. Dan disini juga viva melakukan terobosan baru dalam dunia pemberitaan
online secara tampilan yang tidak dimiliki pesaing sejenis, yaitu menu drop-down yang membuat pengunjung bisa
melakukan pemindahan sub-menu sesukanya.
New Viva
Finaly, inilah
mega portal terbaru dari viva, yang sekarang beralamatkan di domain viva.co.id.
diwajah baru ini, viva mengembangkan forum sekaligus vlog yang merupakan kanal
blog, selain itu juga viva juga menghadirkan kanal bola, bahakn sekaligus socio
yang merupakan kanal jejaring sosial sekaligus bisa dijadikan e-commerce. Jadi kini
sebagai sebuah portal besar VIVA membawahi beberapa sub-domain divisi, seperti
news, forum, bola, socio, life, dan vlog yang akan semakin memanjakan para viewer sekaligus user (vlog, socio, forum).
Persaksikanlah wajah transformasi viva.co.id yang bisa dinikmati
sekarang. Tampilan yang mengalami
perubahan sangat radikal dari tampilan-tampilan viva(news) yang selama ini kita
kenal. Side, footer, banner, header, yang biasanya didominasi ketebalan-ketebalan
berwarna merah mendakan hilang. Walaupun tidak sepenuhnya menghilang. Bar-bar yang biasanya menonjol
tergantikan garis-garis tipis tanpa menghilangkan esensi trademark warna merah yang sudah sangat akrab dengan viva selama
ini yang juga terlihat dari warna huruf untuk kategori.
Menariknya di halaman awal viva.co.id pihak viva
menghadirkan “tombol” “set default” tombol kecil yang jarang terekspose. Fungsinya
untuk mengganti tampilan utama headline, yang oleh sistem sebenarnya menjadikan
kanal “news” sebagai tampilan utama. Tombol “set-default” berfungsi untuk
menampilkan kanal lain seperti “bola” , “life”, serta “vlog” untuk hadir
sebagai headline utama sesuai keinginan pengunjung. Sistem ini kembali merupakan trobosan,
setelah sistem ajax di versi orde lama, menu drop-down di versi orde baru, dan
di versi orde paling baru ini viva melakukan hal yang lain dari yang lain. Kesan
lebih luas, lebih bersih juga terasa dengan hilangnya garis-garis batas. Ini seperti
menjadikan tulisan dan gambar bersatu diatas lembaran kertas tanpa sekat yang
membatasi. Namun hal ini juga tanpa
masalah karena viva.co.id adalah sebuah kanal berita (baca: media) ada satu hal
dalam dunia media yang sebenarnya kadang tidak pernah diperhatiakn oleh pemilik
media, dialah firewall atau pagar api, yaitu sebuah garis batas
antara iklan dan tulisan (baca: berita). Namun untuk hal ini saya kembalikan
lagi terhadap kebijakan media tersebut.
Dari tampilan menu utama, mari kita beralih ke kanal “news”
. kanal ini seperti diungkapan di awal, tetap di dominasi warna merah, walau
sebatas header dan huruf untuk kategori. Sepertinya di kanal berita pihak viva
tidak terlalu bermain warna, hanya ada 3 warna yang digunakan. Merah, hitam, dan tentu saja warna dasar
putih. Tampilan dengan slider yang
cukup besar cukup untuk memberi kesan lebar dan megah. Sayangnya masih ada satu hal yang cukup
mengganjal, yaitu tampilan sidebar
sebelah kanan bawah yang cukup terlihat kosong. Halaman kosong dalam sebuah hompage bisa disebut mubazir, dan ada
kesan yang kurang. Mungkin ini masih di proyeksikan untuk advertise, tapi menurut saya
kolom kosong tersebut masih bisa diisi –untuk sementara- dengan polling atau
sejenisnya, supara sidebar sebelah kanan bawah tidak terlihat kosong.
Berikutnya adalah kanal “bola”, aroma rumput di kanal ini
sangat terasa dengan warna hijau muda yang nyaman dimata. Berbeda dengan slider di kanal “news” yang menyamping dengan 9 pilihan, kanal “bola”
menjadikan slider naik-turun dengan 4
pilihan judul. Lebih ringkas apalagi tambhan video yang lebar di tengah
halaman. Ini seperti ide menarik yang menandakan, bola sebagai sebuah tontonan
dan “layar lebar” yang dihadirkan memberi kesan itu. Berikutnya yang menarik
dari tampilan ini adalah kategori yang dihadirkan. Pihak viva seperti mencoba
mendekatkan pembaca dengan “klub”. Berbeda dengan medai olahraga online yang
lain yang lebih mengedepankan kategori, kanal bola di viva justru mengedepankan
klub. Ini cukup dimengerti karena sebenarnya pembaca berita bola lebih tertarik
dengan berita tentang klub-nya bukan tentang kategori berita. Ide menarik dan
cerdas dengan menonjolkan klub sebagai “jualan” utama.
Kanal selanjutnya adalah kanal “life”, kanal yang berisi
seputar dunia hiburan dan gaya wanita ini di dominasi warna pink, warna yang
sudah sama-sama kita kenal sebagai warna feminim. Wajah “life” jauh berbeda
dengan saudara-saudarnya yang lain seperti news ataupun bola, walaupun sesama
berisi artikel berupa berita, “life” hadir lebih ceria dengan permainan warna
dan tampilan. Disini kolom headline yang biasanya berupa slider terlihat lebih kecil namun tidak kehilangan nilai estetis. Dan
yang lebih berbeda adalah kolom kategori yang bisanya hanya berupa kata-kata
yang terpampang di navigasi header berubah
menjadi dot-dot ploting di tengah halaman. Ini kembali sebuah trobosan yang tak
dimiliki media lifestyle lain di
indonesia. Dan yang menarik lagi, secara berkala “life” menghadirkan liputan
khusus dengan tampilan besar dihalaman depan. Jujur saya katakan tampilan di
kanal ini membuat saya tercengang. Good job guys.... eh girls...
in crowd we trust itulah
tagline yang digunakan kanal socio
yang diproyeksikan sebagai jejaring sosial e-commerce. Satu-satunya kanal yang
memiliki “kata-kata motivasi” di mega portal viva.co.id. buat saya ini unik walaupun kata-kata yang digunakan aneh. Jujur harus saya katakan, kanal socio buat
saya agak terlalu dipaksakan hadir, tapi di sisi lain bukankah viva suka sekali
melakukan terobosan yang berbeda? Berhasil atau tidak waktu yang akan menjawab.
Di dominasi warna orange yang cukup bersahabat dimata, saya kira socio
selanjutnya akan lebih baik diproyeksikan menjadi toko online saja secara
murni.
Vlog yang di masa lampu “hanya” halaman bagian dari ureport sekarang sudah dikanalisasi. Menjadi
bagian tersendiri yang diakui oleh viva sebagai bagian yang –mungkin dianggap
cukup berkontribusi dalam pentrasi pengunjung vivanews. Tampilan vlog bisa dianggap lebih sederhana
dibanding kanal-kanal yang lain, ini bisa dimengerti karena fungsi Vlog adalah
jembatan antara blogger dengan pengunjung. Vlog dalam hal ini Viva, tidak
membuat kanal blog tersendiri tapi justru memfaslitasi para blogger mempromosikan
blognya masing-masing. Dominasi warna ungu yang gelap dan kategori yang besar
dengan slider cukup memberi angin segar
untuk blogger bahwa kami diayomi sebagi sebuah hubungan simbiosis mutualisme. Happy bloging
Buat para agan dan aganwati, forum viva hadir dengan
tampilan lebih eksklusif namun bersahabat. Lebih cerah dengan warna biru muda,
mirip warna pada microsoft word yang sudah sangat familiar. Muncul dengan wajah
lebih rapih dan tatak letak yang tersetruktur, kanal forum di viva memberi
kesan lain dalam penempatan kategori dan sub kategori. Hadir dibawah dengan
tampilan portairt dan tulisan terbaca vertikal, memberi kesan unik dengan tetap
estetik.
Syahdan
Secara umum, viva.co.id sebagai mega portal memberi desain
sederhana namun tetap eksklusif tanpa meninggalkan nilai estetis. Terobosan
terus dilakukan dalam penerapan teknologi seperti penggunaan ajax yang saat itu
sebagai pelopor, lalu menu drop-down sehingga user bisa memindahkan subkategori,
dan di tampilan baru ini “tombol” “set default” kembali memberi terobosan baru
untuk memanjakan pengunjung untuk menikmati tampilan viva.co.id yang lebih
bersahabat. Dan yang paling penting dari
itu semua kerjasama divisi desain dan
programmer berhasil membuat viva.co.id mudah dan cepat di akses di tengah
kondisi bandwith yang mengkhawatirkan.
Kini jurnalis viva dituntut menghadirkan konten-konten serta berita terbaik demi
memanjakan pengunjung viva.co.id.
Hadir dengan tampilan baru yang lebih bersahabat bagi para
pengunjung serta pengguna (socio, vlog
dan forum) disertai juga dengan semangat baru menyambut momentum ulang tahun 70
tahun grup besar sebagai “orang tua” yang melahirkan dan menaungi
viva.co.id, ini semakin mengukuhkan
keseriusan viva di industri media online indonesia untuk menjadi yang terbaik. Good
luck....
udh dr doloe follow, pake yg dulu aja ya om :D |
viva ini bnyak yang baca via fb ya :D
BalasHapusselamaat... menang viva ya.
BalasHapusThank you for the information, articles you nice and really helped me...!!!
BalasHapus